Ingin Dapat Cuan Berlimpah? Berikut Cara Monetisasi YouTube Kamu!

  • Share

Kamu ingin mendapatkan uang dari YouTube? Atau sudha membuat channel namun masih belum mengerti bagaimana cara menghasilkan uangnya? Kamu harus pelajari terlebih dahulu bagaimana cara monetisasi YouTube.

Salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan menyambungkan akun kamu dengan aku AdSense agar setiap video yang kamu upload dan memiliki banyak viewers dapat menayangkan iklan. Program ini dapat diikuti oleh para peserta program partner YouTube. Simak ulasannya berikut ini!

Syarat dan Cara Monetisasi YouTube

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa hanya akun peserta program partner YouTube sajalah yang dapat menghasilkan uang dari YouTube. 

YouTube Partner Program atau YPP merupakan sebuah fitur yang memberikan akses lebih kepada para pemilik channel untuk mendapatkan berbagai referensi, salah satunya yaitu dapat melakukan monetisasi konten.

Dengan begitu, tidak semua channel dapat bergabung sebagai partner karena terdapat persyaratan yang harus terpenuhi. Apa sajakah syaratnya?

Memiliki Minimal 1.000 Subscriber

Total subscriber kamu sudah mencapai 1.000 atau belum? Yuk, silakan dicek terlebih dahulu karena ini merupakan poin penting dari cara monetisasi YouTube yang pertama. Memang tidak mudah untuk mendapatkan subscriber, namun kamu harus tetap berusaha.

Upaya yang dapat kamu lakukan adalah mengunggah konten-konten yang berkualitas, relate dengan kehidupan masyarakat sekarang ini, unik, serta menarik. Kamu juga harus rajin dan konsistem dalam mengupload konten, terapkan SEO YouTube, manfaatkan tren yang sedang terjadi, dan lain-lainnya.

Memiliki 4.000 Jam Tayang Dalam 1 Tahun Terakhir

Yang berikutnya adalah channelmu harus mencapai 4.000 jam tayang dalan 12 bulan terakhir untuk membuktikan bahwa subscribermu aktif. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan dengan membeli subscriber fiktif.

Lalu, bagaimana agar bisa mencapai 4.000 jam tayang? Kamu harus rajin upload konten ke channel YouTube kamu ya, dengan begitu, para subscriber akan sering mampir dan menonton videomu.

Mengikuti Kebijakan dan Ketentuan Fitur Monetisasi

Apabila ingin memonetisasi YouTube, maka terdapat kebijakan yang patut dipatuhi oleh semua peserta program. Kebijakan tersebut meliputi pedoman komunitas, persyaratan layanan, kebijakan program Adsense hingga hak cipta YouTube. 

Jadi, di sini kamu dituntut untuk mengupload cideo yang fresh, bukan mengambil atau meniru karya orang lain. Tidak hanya video, cuplikan program hingga trek music juga tidak luput dari penilaian.

Tinggal di Wilayah YouTube Partner Program

Syarat dalam cara monetisasi YouTube yang terakhir adalah kamu harus tinggal di wilayah YouTube Partner Program. Ada beberapa Negara yang termasuk dalam daftarnya, salah satunya adalah Indonesia.

Kesimpulan dari persyaratan yang ada yaitu channel kamu minimal harus mencapai 1.000 subscriber dan sudah memiliki 4.000 jam tayang. Jika dua hal ini sudah terpenuhi, selamat! Kamu memenuhi kualifikasinya dan tinggal melakukan registrasi seperti bermain di  turbo188. Untuk cara pendaftaran AdSense sangatlah mudah, ikuti langkah berikut ini.

  1. Login akun YouTube dan pilih icon Profile.
  2. Pilih YouTube Studio, klik Monetisasi.
  3. Ketuk menu Daftar Sekarang.
  4. Setujui persyaratan Program Partner dengan memberikan ceklis pada dua kolom yang ada di bagian paling bawah, lalu klik Setujui Persyaratan.
  5. Daftar atau sambungkan ke AdSense.
  6. Akun kamu akan ditinjau oleh pihak YouTube.

Untuk mendaftarkan akun channel ke akun AdSense caranya adalah.

  1. Pilih menu ‘Tidak memiliki akun AdSense’, klik Lanjutkan.
  2. Login ke akun Google kamu.
  3. Setujui persyaratan dan ketentuan, kemudian klik Buat Akun.
  4. Lengkapi identitas diri da nisi dengan data sebenar-benarnya. 
  5. Klik Kirim.
  6. Klik Alihkan, dan kamu sudah berhasil mendaftar di AdSense.

Jadi, sudah siapkah kamu mendapatkan cuan berlimpah? Ikuti cara monetisasi YouTube di atas.

  • Share