Mengenal Public Speaking dan Tekniknya

  • Share
Public speaking

Menuju tahun 2023 ini, semua orang dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik. Public speaking merupakan soft skill yang digunakan untuk berbicara secara lantang di depan umum. Tujuannya untuk mendapatkan perhatian dan simpati dari audience.


Sayangnya dengan dalih kurang percaya diri, public speaking masih menjadi momok bagi sebagian orang. Padahal skill ini sangat bermanfaat dalam segala aspek kehidupan, mulai dari sekolah hingga dunia kerja. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengasah skill public speaking agar semakin berkembang.

Apa Itu Public Speaking?

Dikutip dari kamus Websters, public speaking adalah seni dalam proses penyampaian pidato di depan umum. Jadi bisa disimpulkan bahwa di dalam public speaking terdapat 3 unsur utama. Yakni orang yang berpidato, ilmu berpidato atau public speaking, dan audience.
Layaknya komunikasi sehari-hari, sebenarnya public speaking sangatlah mudah dikuasai. Namun perlu latihan untuk mengasah kemampuan tersebut agar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Yakni lugas, tegas, lantang, jelas, dan menarik.

Keberhasilan public speaking bisa dilihat dari respon audience atau penonton selama orasi berlangsung. Jika tertarik, penonton akan menyimak pidato secara seksama tanpa teralihkan dengan kegiatan yang lain. Keuntungannya, materi isi pidato bisa tersampaikan dengan baik kepada audience.

Teknik Public Speaking


Agar public speaking bisa berlangsung dengan baik dan lancar, ada beberapa teknik yang bisa digunakan. diantaranya;

Kenali Audience


Step pertama untuk melakukan public speaking yang baik yaitu dengan mengenali audience. Mengenal di sini bukan berarti secara personal, melainkan backgroundnya. Mulai dari usia, pekerjaan, pendidikan, lingkungan, dan lain sebagainya.
Dengan cara ini akan memudahkan anda untuk menentukan materi. Usahakan materi yang disampaikan relate dengan pengetahuan dari penonton. Sehingga tidak akan terjadi miss komunikasi akibat ketidakmampuan menangkap informasi.
Dalam step ini juga bisa ditentukan gaya bahasa apa yang paling tepat. Contohnya jika audience adalah remaja, maka gunakanlah bahasa yang santai. Tempatkan posisi anda sebagai teman, agar mereka tidak merasa digurui.

Pembukaan yang Berkesan


‘’Tak kenal maka tak sayang’’, peribahasa ini cocok sekali untuk menggambarkan pembukaan pada public speaking. Buatlah opening semenarik mungkin, agar audiens mau menyimak hingga ke akhir materi.
Pembukaan pidato paling ideal adalah humor, kontak langsung, dan kisah inspiratif. Atau sesuaikan saja dengan background audience. Sehingga mereka bisa relate dengan pembukaan yang dilakukan.

Susun Poin-Poin Materi

Sebagai speaker yang baik tentu pidato harus dilakukan dengan lancar, tanpa bantuan kertas contekan. Namun tentunya sulit untuk menghafal seluruh isi teks dari awal hingga akhir.
Sebagai solusi, susunlah materi pidato secara terstruktur dan berpoin-poin. Hal ini akan memudahkan anda dalam menghafal urutan materi atau pola yang akan disampaikan. Walaupun pidato dilakukan tanpa teks ataupun contekan.

Perhatikan Intonasi dan Volume Suara

Sebaik apapun materi yang terkandung, tak akan menarik minat audience jika penyampaian dilakukan secara asal-asalan. Salah satu cara untuk menghindari masalah ini yaitu dengan memperhatikan intonasi dan volume suara.
Sesuaikan intonasi dengan poin materi yang disampaikan. Jika sedang berseru atau melakukan ajakan, tinggikan intonasi dan nada bicara. Cara ini akan mendramatisasi pidato sehingga suasana menjadi lebih meriah dan hidup.

Penutupan yang Powerfull

Siapa bilang hanya pembukaan dan isi materi yang penting? Penutupan juga memegang peranan besar pada keberhasilan public speaking. Buatlah penutupan yang powerfull agar audience sadar bahwa materi telah selesai disampaikan. Semakin baik penutupan, maka semakin berkesan pula public speaking anda di hati penonton.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu public speaking. Untuk menampilkan public speaking terbaik, terapkanlah kelima teknik dasar di atas. Dijamin orasi akan berlangsung secara meriah dan berkesan di hati audience.

  • Share
Exit mobile version