Profil Visakha FC, Klub Kamboja yang Baru Berusia 6 Tahun

  • Share
Profil Visakha FC, Klub Kamboja yang Baru Berusia 6 Tahun

Ht-mobile.co.id – Klub Liga Primer Kamboja, Visakha FC, sukses tampil mengejutkan pada laga lanjutan Grup G Piala AFC 2022 seusai menghajar jawara Liga 1 2021/2022, Bali United.

Pada duel yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (27/6/2022) itu, Visakha yang berstatus sebagai tim tamu justru sukses membabat Bali United dengan skor telak 5-2.

Lima gol Visakha FC pada laga tersebut disumbangkan oleh Paulo Victor (17’ dan 63’), Ouk Sovann (45’ dan 88’), serta Lee Jae-gun (55’). Sementara itu, dua gol balasan dari Bali United dicatatkan oleh Irfan Jaya (9’) dan Privat Mbarga (85’).

Dengan hasil ini, Visakha FC sukses merebut posisi puncak klasemen sementara Grup G Piala AFC 2022 dari Bali United. Sebab, mereka sukses meraup enam poin dari dua laga.

Baca Juga:
Skenario Bali United Lolos ke Semifinal Piala AFC 2022 Zona ASEAN, Masih Ada Peluang!

Sementara itu, Serdadu Tridatu harus tergusur ke peringkat kedua. Dari dua pertandingan, anak asuh Stefano Cugurra mengumpulkan tiga poin.

Posisi ini membuat Visakha FC menjadi salah satu kontestan yang akan memiliki kan besar untuk lolos ke fase semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2022.

Profil Visakha FC

Kekalahan telak Bali United dari Visakha memang sangat mengejutkan apabila melihat rekam jejak dan sejarah klub asal Kamboja tersebut.

Pasalnya, Visakha FC merupakan klub sepak bola profesional yang baru dibentuk pada tahun 2016. Artinya, saat ini usianya baru menginjak enam tahun.

Baca Juga:
Permalukan Bali United di Kandangnya, Pelatih Visakha FC Sampaikan Ini ke Semeton Dewata

Kesebelasan yang memiliki julukan Blue Horse alias Kuda Biru ini berbasis di Phnom Penh. Mereka menggunakan Prince Stadium yang terletak di kota yang sama sebagai homebase-nya. Meskipun hanya berkapasitas 15 ribu penonton, tetapi stadion ini juga menjadi salah satu venue SEA Games 2023.

Prince Stadium merupakan salah satu stadion terbaik yang dimiliki oleh Kamboja. 

Selama enam tahun berkiprah, prestasi terbaik Visakha FC ialah menjuarai Cambodian Second League, alias kompetisi kasta kedua di Kamboja. Gelar itu diraih pada tahun 2017.

Pencapaian terbaru dari Visakha FC ialah meraih dua kali gelar Hu Sen Cup atau Piala Kamboja. Gelar inilah yang mengantarkan mereka tampil di Piala AFC 2022 ini.

Beruntungnya, Viskha FC sukses mendapatkan lisensi klub profesional dari Cambodian Premier League (CPL). Sehingga, mereka bisa tetap berkompetisi di kompetisi kasta tertinggi.

Pasalnya, sejak diambil alih oleh Satoshi Saito sebagai CEO terbaru CPL, hanya ada delapan klub yang akan bersaing di kasta tertinggi.

Visakha FC mampu lolos dari seleksi karena mampu memenuhi syarat lisensi klub nasional dan juga masuk kriteria khusus yang diterapkan oleh CPL.

Pada musim lalu, Visakha FC menduduki puncak klasemen Liga Primer Kamboja di musim reguler. Dari 12 pertandingan, mereka sukses menang delapan kali dan empat kali imbang. Artinya, tak ada satu pun kekalahan di musim reguler.

Sementara di fase play-off, Visakha FC gagal melanjutkan tren positifnya karena harus puas menduduki posisi ketiga dengan koleksi 40 poin dari 19 laga.

Mereka hanya kalah empat poin dari Phnom Penh yang keluar sebagai juara dan terpaut dua poin dari Svay Rieng yang menduduki posisi runner-up.

[Muh Adif Setyawan]



#Profil #Visakha #Klub #Kamboja #yang #Baru #Berusia #Tahun

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.