LaLiga Layangkan Protes ke UEFA, Tuduh Man City dan PSG Langgar FFP

  • Share
UEFA Skors Manajer Bodo/Glimt dan Pelatih Kiper AS Roma

Ht-mobile.co.id – Operator Liga Spanyol, LaLiga, pada Rabu mengumumkan bahwa mereka telah melayangkan protes resmi ke badan sepak bola Eropa, UEFA, dengan tuduhan Manchester City dan Paris Saint-Germain telah melanggar aturan kepatutan finansial (FFP).

LaLiga bahkan menyatakan bakal “menempuh langkah hukum lebih lanjut” ke sistem peradilan Uni Eropa, Prancis, dan Swiss sembari mengklaim bahwa “klub-klub itu terus menerus melanggar aturan berlaku” terkait FFP.

LaLiga menyatakan bahwa mereka telah melayangkan protes resmi terhadap City ke UEFA pada April, sebelum kembali mengirimkan protes serupa untuk PSG pekan lalu.

LaLiga juga menyatakan mereka “mempertimbangkan memperluas cakupan protes” terkait City karena “data baru” yang mereka dapati, demikian dilansir Reuters sepertiĀ  dimuat Antara.

Baca Juga:
Daftar Tim Gurem yang Pernah Kalahkan Timnas Inggris, Hungaria Lebih dari Sekali

Meskipun pernyataan itu tak membeberkan rincian apapun, baru-baru ini jawara Liga Premier Inggris itu mendatangkan penyerang Norwegia Erling Haaland dari Borussia Dortmund dan mengikatnya dengan kontrak yang dilaporkan melampaui 300 juta euro (sekira Rp4,6 triliun) meliputi gaji, uang pangkal agen, dan bonus.

Bulan lalu Presiden LaLiga Javier Tebas mengatakan pihaknya akan menempuh langkah hukum kepada PSG setelah Kylian Mbappe menolak tawaran hijrah ke Real Madrid dan memutuskan bertahan di klub jawara Liga Prancis itu hingga 2025.

LaLiga merespon kontrak baru Mbappe dengan keras, sembari menuding bahwa tawaran PSG untuk sang bintang “menyerang stabilitas ekonomi” sepak bola Eropa.

“Sungguh sebuah skandal tim seperti PSG, yang musim lalu melaporkan kerugian 220 juta euro setelah secara akumulatif juga rugi lebih dari 700 juta euro di musim-musim sebelumnya … memiliki skuad yang bernilai sekira 650 juta euro musim ini, bisa mencapai kesepakatan semacam itu,” demikian pernyataan LaLiga kala itu.

Setelah berbulan-bulan menjalani negosiasi dengan Real Madrid, Mbappe akhirnya memutuskan bertahan di PSG dan menandatangani kontrak berdurasi hingga 2025 dengan bayaran sekira 50 juta euro per tahun.

Baca Juga:
Telan Dana Rp308 Miliar, Pemecatan Mauricio Pochettino Segera Diumumkan PSG

Ini bukan kali pertama LaLiga melayangkan protes terhadap PSG dan City, yang oleh umum dilabeli “klub kepunyaan negara”.



#LaLiga #Layangkan #Protes #UEFA #Tuduh #Man #City #dan #PSG #Langgar #FFP

Sumber : www.suara.com

  • Share