Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Main di Piala Asia 2007

  • Share
Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Main di Piala Asia 2007

Ht-mobile.co.id – Penantian panjang pecinta sepakbola Tanah Air akhirnya tuntas. Timnas Indonesia dipastikan mentas pada putaran final Piala Asia 2023.

Sejak Piala Asia pertama kali digelar pada 1956, Timnas Indonesia tercatat baru empat kali mengikuti kejuaraan sepak bola tertinggi di benua Asia tersebut.

Edisi 1996 menjadi edisi perdana Timnas Indonesia mengikuti Piala Asia. Kemudian terakhir pada 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Pada Piala Asia 2007, Timnas Indonesia harus terhenti di babak penyisihan. Meski menang di laga perdana melawan Bahrian, Indonesia takluk dari Arab Saudi dan Korea Selatan.

Baca Juga:
Kantongi Tiket Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Ungguli Malaysia dan Thailand di Klasemen Akhir Runner-up Terbaik

Nyatanya butuh waktu lebih dari 15 tahun untuk Timnas Indonesia kembali menembus Piala Asia. Kepastian lolos ke edisi 2023 didapatkan usai masuk daftar runner-up terbaik di babak kualifikasi.

Ini tentu menjadi angin segar buat sepak bola Tanah Air. Terlebih Shin Tae-yong mayoritas membawa pemain-pemain muda seperti Elkan Baggott, Pratama Arhan, hingga Witan Sulaeman sebagai tulang punggung tim.

Namun, tentu tak afdol rasanya jika tidak mengenang para pemain yang berjasa membawa Timnas Indonesia mentas di PIala Asia 2007.

Saat itu Timnas Indonesia dilatih oleh Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu membawa 23 pemain untuk mentas di Piala Asia 2007.

Untuk penjaga gawang, ada sosok Markus Haris Maulana yang tampil perdana di laga terakhir melawan Arab Saudi. Dia menjadi pelapis dari Yandri Pitoy di dua laga awal.

Baca Juga:
Catatan Partisipasi dan Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia, Belum Pernah Lolos Fase Grup

Di sektor belakang, ada Muhammad Ridwan, Ricardo Salampessy, Maman Abdurrahman, Charis Yulianto, yang kerap jadi pilihan utama.

Di sektor tengah, nama-nama lawas yang begitu populer pada zamannya mengisi skuad Timnas Indonesia. Ada Elie Aiboy yang kerap menyisir sektor sayap.

Ada pula duet Ponaryo Astaman dan Firman Utina yang saat itu berada di masa-masa jayanya. Pun ada nama Syamsul Chaeruddin, gelandang pengangkut air mantan pemain PSM Makassar.

Di lini depan, ada trio mematikan yang begitu tersohor pada masanya. Ada Budi Sudarsono yang mencetak gol pertama Indonesia ke gawang Bahrain dan ada Bambang Pamungkas.

Berikut daftar pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2007:

Kiper: Jendry Pitoy , Markus Horison dan Feri Rotinsulu

Belakang: Supardi, Ricardo Salampessy, Firmansyah, Charis Yulianto, Hary Saputra, Maman Abdurrahman, M. Ridwan, Erol Iba.

Tengah: Ponaryo Astaman (C), Firman Utina, Ismed Sofyan, Mahyadi Panggabean, Eka Ramdani, Syamsul Bachri Chaerudin dan Atep.

Depan: Ellie Aiboy, Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, Zaenal Arief, Rahmat Rivai.

[Aditia Rizki]



#Daftar #Pemain #Timnas #Indonesia #yang #Main #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.