Bantai Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023

  • Share
Bantai Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023

Ht-mobile.co.id – Pertandingan terakhir grup A putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia vs Nepal, akhirnya dimenangkan tim Garuda dengan skor telak 7-0.

Tampil dengan target harus menang untuk lolos, Fachruddin dan kawan-kawan langsung bermmain menekan sejak kick-off. Beberapa peluang langsung tercipta di menit-menit awal tersebut, namun masih belum membuahkan hasil.

Barulah pada menit ke-6, tepatnya setelah peluang di kotak penalti, bola yang jatuh ke kaki Asnawi Mangkualam di sisi kiri pertahanan Nepal, berhasil dikirimkannya dengan matang ke tengah kotak di mana sudah menunggu Dimas Drajad. Penyerang timnas Indonesia itu pun menyundulnya dengan sempurna, membuka gol kemenangan di pertandingan ini.

Unggul 1-0, tim asuhan Shin Tae-yong lantas bermain lebih bersemangat, meski kemudian malah sering tampak terlalu tergesa-gesa ketika mendapatkan bola. Hasilnya, dalam menit demi menit yang kemudian berjalan, beberapa kali harus terjadi salah umpan, bahkan blunder yang dilakukan oleh para pemain Indonesia.

Baca Juga:
Profil Kim Min-jae, Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong yang Diincar AC Milan

Ini membuat kepercayaan diri pemain Nepal sebaliknya sempat membaik, dan mereka pun sempat membuat beberapa peluang yang untungnya tidak ada yang berhasil membuahkan gol. Sementara Indonesia sendiri masih terus berusaha mencari gol tambahan di setiap kesempatan yang ada, apalagi setelah pada menit ke-33 salah satu pemain Nepal mendapat kartu merah setelah kartu kuning kedua yang didapatnya karena pelanggaran.

Gol kedua bagi Indonesia akhirnya didapat pada menit ke-43, lagi-lagi lewat peran Asnawi yang mengirimkan umpan cut-back dari sisi kiri kotak penalti Nepal. Bola yang sempat melewati Dimas, sengaja dilepasnya ke belakang yang dimanfaatkan dengan baik oleh Witan Sulaeman dengan tendangan terukur yang kembali menggoyang jala gawang Nepal: 2-0.

Skor itu pun akhirnya menjadi penutup babak pertama, yang memberi keyakinan bahwa timnas Indonesia akan dapat memenangkan pertandingan ini demi menjadi salah satu dari runner-up terbaik putaran ketiga kualifikasi Piala Asia, untuk lolos ke putaran final tahun depan.

Di babak kedua, para pemain tim Garuda masih bermain penuh semangat untuk menambah gol, kali ini dengan permainan yang lebih tenang dan rapi. Alhasil, tak begitu lama, beberapa gol tambahan pun berhasil dibuat oleh para pemain Indonesia.

Gol ketiga dicetak oleh kapten tim Fachruddin di menit ke-54, memanfaatkan bola muntah di kotak penalti Nepal yang berhasil dicocornya dengan baik masuk ke gawang. Selang satu menit saja, giliran Saddil Ramdani akhirnya menyumbangkan gol keempat bagi Indonesia, memanfaatkan kacaunya pertahanan lawan.

Baca Juga:
PSSI Pertimbangkan Pendapat Warganet Soal Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Skor 4-0 seolah belum cukup bagi para pemain Indonesia yang memang tampak berusaha meraih kemenangan maksimal. Dengan tekanan yang nyaris tak kendor sedikit pun, sejumlah peluang lagi kemudian sempat diciptakan di sepanjang babak kedua ini, kendati nyatanya tidak mudah juga untuk menambah pundi-pundi gol.

Gol kelima akhirnya diraih Indonesia di menit ke-80, lewat kaki Elkan Baggot yang sebelumnya sudah sempat mendapat peluang lewat sundulan. Kali ini, setelah mendapatkan sodoran bola, Elkan dengan tenang melakukan placing ke sudut sempit gawang Nepal. Lantas, lagi-lagi hanya berselang semenit, Witan mencetak gol keduanya yang sekaligus menjadi gol keenam Indonesia di pertandingan ini.

Masih belum cukup, dengan permainan yang masih terus saja menyerang, tepat pada menit ke-90 akhirnya gol ketujuh timnas Indonesia pun tercipta. Kali ini dari kaki Marselino Ferdinan yang juga dengan tenang melesakkan tendangannya, kembali menggoyang jala gawang Nepal, sebelum tak lama kemudian pertandingan resmi berakhir.

Timnas Indonesia dengan demikian sukses lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Dengan capaian poin 6 dan selisih gol +7, di atas Malaysia, Thailand dan Hong Kong, timnas Indonesia lolos dengan menempati posisi runner-up terbaik kedua dari 6 grup yang ada, menyisihkan Filipina yang hanya memiliki total poin 4.



#Bantai #Nepal #Timnas #Indonesia #Lolos #Putaran #Final #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.