Profil ACR Messina, Klub Legendaris Italia yang Bangkrut hingga Dijual Rp 15 Ribu

  • Share
Profil ACR Messina, Klub Legendaris Italia yang Bangkrut hingga Dijual Rp 15 Ribu

Ht-mobile.co.id – Kabar mengejutkan datang dari klub Liga Italia yang berbasis di Pulau Sisilia, ACR Messina. Sebab, klub yang dibentuk pada tahun 1900-an ini dijual dengan harga Rp 15 ribu.

Dari berita yang dirilis oleh football-italia, murahnya harga jualMessina ini tak terlepas dari kesulitan finansial yang membelit klub tersebut sejak terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Italia, alias Serie A, pada musim 2006/2007 silam.

Bahkan, semusim berikutnya, yakni tepatnya pada 2008, ACR Messina juga terdepak dari Serie B karena dinyatakan bangkrut. Setelah itu, mereka sempat mengalami perubahan kepemilikan hingga berganti nama.

Kini, masa depan Messina di Serie C berada di ujung tanduk. Mereka diperkirakan tidak bisa mengikuti kompetisi lantaran tak mendapatkan suntikan dana.

Baca Juga:
Fakta soal Kabar Raffi Ahmad Akuisisi Lecce

Itulah sebabnya, Presiden Klub, Pietro Sciotti, mengambil keputusan yang mengejutkan, Dia berencana menjual klub tersebut dengan harga satu euro atau setara dengan Rp 15 ribu.

“Saya masih belum menerima satu pun tawaran untuk ACR Messina. Hanya ada beberapa panggilan telepon untuk meminta informasi,” kata Sciotti dalam sebuah unggahan di akun Instagram ACR Messina.

“Setelah lima tahun memimpin ACR Messina yang gemilang, saya mengulangi keinginan saya untuk mengakhiri waktu di klub dan untuk alasan ini saya siap menjual klub dengan harga simbolis sebesar satu euro,” lanjutnya.

ACR Messina awalnya berasal dari sebuah klub sepak bola yang dibentuk pada tahun 1900. Saat itu, klub yang berbasis di Messina, Sisilia, ini bernama Messina FC.

Sebagian besar eksistensi klub ini berada di kasta rendah di sistem kompetisi Liga Italia. Mereka terakhir kali berkompetisi di Serie B pada 2007/2008. Yang sebelumnya selama tiga musim berturut-turut berada di Serie A.

Baca Juga:
Media Italia Ungkap Raffi Ahmad Bukan Sosok yang Beli Saham Lecce

Pada Juli 2008, Messina akhirnya terdepak dari kompetisi sepak bola profesional karena mengalami masalah keuangan. Akibatnya, mereka pun harus bermain di kompetisi amatir, yakni Serie D.

Sampai saat ini, perjalanan terjauh Messina di Coppa Italia ialah mencapai fase 16 besar. Itu diraih pada dekade 2000-an. Pada masa lalu, mereka sebenarnya pernah mencapai semifinal Coppa Italia Serie C.

Sepanjang sejarahnya, Messina telah berkompetisi di kasta tertinggi Liga Italia, atau Serie A, sebanyak lima musim. Hal itu pertama kali dicatatkan pada tahun 1960-an. Penampilan keduanya tercatat pada dekade 2000-an. 

Sejauh ini, pencapaian terbaik mereka di kasta tertinggi ialah finis di peringkat ketujuh klasemen akhir. Itu dicapai pada musim 2004/2005.

Awalnya, saat masih bernama FC Messina Peloro, mereka menggunakan Stadio Comunale San Filippo sebagai kandangnya, yakni sejak musim 2004/2005 hingga 2008/2009.

Sejak musim 2009/2010, klub yang menggunakannya ialah AC Riunite Messina 1947. Kapasitas stadion ini mencapai 27 ribu penonton.

Namanya diambil dari bagian dari kota yang menjadi lokasi stadion tersebut. Namun, masyarakat setempat sempat mengajukan petisi untuk mengganti namanya.

Mereka mendesak perubahan nama stadion menggunakan nama mantan manajer Messina, Franco Scoglio atau Messina Saint Hannibal Mary Di Francia.

(Muh Adif Setiawan)



#Profil #ACR #Messina #Klub #Legendaris #Italia #yang #Bangkrut #hingga #Dijual #Ribu

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.