3 Efek Positif Andai Shin Tae-yong Cuma Fokus Tangani Timnas Indonesia U-20

  • Share
Shin Tae-yong Disebut Takut Kalah di Laga Pembuka Timnas Indonesia U-23 Melawan Vietnam

Ht-mobile.co.id – Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia saat ini membawahi tiga level usia, mulai dari U-19 atau U-20, U-23, dan senior. Kondisi ini dianggap tak efektif oleh PSSI.

Melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan, federasi berencana tidak menugaskan Shin Tae-yong di kursi pelatih Timnas Indonesia di level U-23 dan senior lagi.

PSSI ingin memfokuskan juru taktik asal Korea Selatan itu untuk melatih Timnas Indonesia U-20 saja.

Kebijakan tersebut dipertimbangkan oleh PSSI lantaran melihat Shin Tae-yong kesulitan membesut tim U-20, U-23 dan senior sekaligus.

Baca Juga:
Jeon Kyung-jun, Eks Pelatih Jeonnam Dragons yang Bisa Bantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

“Menurut saya, sekarang dia keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut. Jadi kami akan merekomendasikan Shin hanya memegang timnas untuk Piala Dunia U-20 (2023) di Indonesia nanti,” ujar Iriawan.

Meski demikian, Iriawan menegaskan bahwa PSSI masih akan meminta kesediaan Shin Tae-yong sebelum meresmikan rencana tersebut.

Jika keputusan ini benar dilakukan oleh PSSI, ada beberapa efek positif Andai Shin Tae-yong hanya fokus membesut Timnas Indonesia U-20. Berikut ulasannya:

1. Persiapan Maksimal

Dengan melepas tanggung jawab Shin Tae-yong dari menangani Timnas Indonesia U-23 dan senior, maka fokus Shin akan lebih terpusat untuk Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga:
Jajal Kekuatan Kuwait, Shin Tae-yong Janji Timnas Indonesia Tampil Spartan

Hal ini tentunya baik untuk persiapan yang lebih maksimal. Terlebih, masih ada cukup banyak waktu untuk mempersiapkan hingga Piala Dunia U-20 2023 mendatang di Indonesia.

2. Pengembangan Pemain Muda

Bukan rahasia lagi kalau Shin Tae-yong banyak mengorbitkan talenta-talenta muda ke Timnas Indonesia U-23 hingga Timnas Indonesia senior.

Shin Tae-yong terbilang jeli dalam melihat bakat-bakat dari pemain muda dan gaya melatihnya sangat cocok untuk pemain-pemain muda.

Kondisi ini jelas bakal menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia nanti dan masa mendatang karena pengembangan dan pengelola pemain muda bisa lebih baik.

3. Lebih Mudah Membentuk Tim

Ketimbang membesut pemain-pemain di level senior, tugas Shin Tae-yong akan lebih bisa maksimal dengan menangani pemain-pemain muda dalam segi membentuk tim dan permainan.

Pasalnya, pemain muda masih minim pengalaman dan bentuk permainannya belum pakem sehingga masih mudah untuk diperbaiki dan dikembangkan.

(Aditia Rizki)



#Efek #Positif #Andai #Shin #Taeyong #Cuma #Fokus #Tangani #Timnas #Indonesia #U20

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.