Profil Shayne Pattynama, Calon Pemain Naturalisasi Berdarah Semarang yang Siap Bela Timnas

  • Share
Profil Shayne Pattynama, Calon Pemain Naturalisasi Berdarah Semarang yang Siap Bela Timnas

Ht-mobile.co.id – Nama Shayne Pattynama belakangan banyak dibicarakan penggila sepak bola di Indonesia. Pemain sepak bola asal Belanda itu adalah pemain yang segera mengikuti proses naturalisasi. Dia menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah lebih dulu berada di Indonesia.  

Bagi yang belum terlalu familiar dengan Shayne Pattynama, berikut profil dan sepak terjangnya di dunia si kulit bundar.

Keturunan Semarang

Shayne Pattynama merupakan pemain kelahiran Belanda. Meski menyandang nama Pattynama, darah Indonesianya justru berasal dari sang ayah yang berasal dari Semarang. Saat ini, ia bermain di klub Liga Norwegia, FK Viking, yang bermain di divisi teratas kompetisi. Pemain yang berposisi bek kiri ini terikat kontrak dengan Viking sampai Desember 2023.

Baca Juga:
Ramai Desakan soal Traning Center, Fakhri Husaini Sudah Minta ke Jokowi 4 Tahun Lalu, tapi Belum Terealisasi

Sempat Bela Ajax

Sebelum bermain di liga Norwegia bersama Viking, Shayne Pattynama sempat menimba ilmu di FC Utrecht dan klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam di usia remaja. Sejumlah laga di Eerste Divisie pun sempat dimainkannya saat berada di tim cadangan Utrecht.

Pemain kelahiran 11 Agustus 1998 ini telah mengantongi 2.000 menit bermain berkat penampilannya bersama FC Utrecht II di Eerste Divisie selama dua musim, dari 2017 hingga 2019. Setelah punya pengalaman cukup di klub muda, dia hijrah ke SC Telstar yang juga penghuni Eerste Divisie.

Di klub tersebut, Shayne mendapat cukup banyak pengalaman bermain. Dia juga berkesempatan mencicipi pertandingan KNVB Cup alias Piala Belanda. Pada April 2021, dia akhirnya hijrah ke Norwegia setelah direkrut Viking.  Pertandingan kontra Rosenborg BK pada Mei 2021 menjadi laga debutnya.

Sejauh ini, Shayne telah mencatat 24 penampilan dan dua gol untuk Viking FK di Eliteserien. Shayne Pattynama pun diharapkan jadi tambahan amunisi penting bagi lini belakang Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho Beri Bertemu Agen Dusan Bogdanovic, Sinyal Main ke Luar Negeri?

Main di Kualifikasi Piala Asia



#Profil #Shayne #Pattynama #Calon #Pemain #Naturalisasi #Berdarah #Semarang #yang #Siap #Bela #Timnas

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.