Sambut Musim Anyar Liga 1, Persija Gelar Tes Medis Sesuai Standar FIFA

  • Share
Sambut Musim Anyar Liga 1, Persija Gelar Tes Medis Sesuai Standar FIFA

Ht-mobile.co.id – Persija Jakarta telah memulai persiapan jelang menghadapi Liga 1 musim 2022/2023. Salah satu yang dilakukan adalah menggelar tes medis di RS Eka Hospital, BSD, Tangerang Selatan, Senin (16/5/2022) kemarin.

Namun, bukan sembarang tes yang dilakukan. Tes yang dijalani Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan sesuai dengan standar FIFA.

Seluruh pemain Persija mengikuti tes ini, minus pemain-pemain yang tengah membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 seperti Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, dan Syahrian Abimanyu. Selain itu, legiun asing Makan Konate juga belum ikut tes ini.

Tahapan pertama, para pemain melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital, pengambilan sampel lab, dan pemeriksaan umum oleh tim dokter dari Eka Hospital. Tes kedua menjalani rekam jantung oleh dr. Daniel Tanubudi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.

Selanjutnya melewati pemeriksaan orthopedi oleh dr. Ricky E. P Hutapea Spesialis Orthopedi Konsultan Lutut dan Panggul. Kemudian ada tes VO2Max. Terakhir ada pemeriksaan fungsional oleh spesialis keolahragaan yang juga merupakan dokter tim Persija, dr. Donny Kurniawan.

“Tes medis biasa kami lakukan menjelang kompetisi. Tahun ini kami sangat khusus karena telah bekerja sama dengan Eka Hospital. Bukan hanya pemeriksaan dasar (umum, rekam jantung, ortopedi, dan spesialis keolahragaan), tapi juga ada pemeriksaan yang menggunakan fitness testing. Tadi pun ada pemeriksaan VO2Max yang menggunakan maximal test,” kata Donny dilansir dari laman resmi klub, Selasa (17/5/2022).

“Ada juga pemeriksaan 1RM (one rep max), yaitu mengukur kekuatan. Ada pun deadlift, skuad, dan pull up. Jadi tahun ini jauh lebih lengkap dibandingkan tahun sebelumnya.”

“Kami benar-benar melakukan standar yang ditetapkan oleh FIFA atau pun klub-klub profesional di luar negeri. Mungkin ini juga bagian dari permintaan head coach (Thomas Doll) sehingga kami benar-benar meningkatkan standar untuk musim depan,” terangnya.

Sementara itu, spesialis jantung dr Daniel menjelaskan hasil pemeriksaan pemain-pemain Persija masih normal. Namun, ada beberapa catatan dari sebagian pemain.

“Hasilnya masih dalam batas normal. Tapi tetap ada catatan seperti tekanan darah yang harus diperhatikan oleh beberapa pemain,” ucap Daniel.

Adapun dari segi orthopedi tidak ada hal-hal yang memberatkan dialami penggawa Macan Kemayoran –julukan Persija. Meski ada beberapa temuannya, namun masih terbilang wajar.

“Sejauh ini masih dalam batas yang memuaskan. Masih ada kerikil-kerikil sedikit dan itu wajar dalam dunia olahraga. Selama tak membuat efek yang besar tak masalah. Jika ada hal yang membuat potensi kinerja atlet menurun itu harus dilakukan penanganan,” ujar Ricky.



#Sambut #Musim #Anyar #Liga #Persija #Gelar #Tes #Medis #Sesuai #Standar #FIFA

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.