Profil Sam Johnstone, Kiper Klub Kasta Kedua yang Jadi Rebutan Manchester United dan Tottenham Hotspur

  • Share
Profil Sam Johnstone, Kiper Klub Kasta Kedua yang Jadi Rebutan Manchester United dan Tottenham Hotspur

Ht-mobile.co.id – Sam Johnstone belum lama ini menjadi sorotan setelah diperebutkan dua klub papan atas Liga Premier Inggris, Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Sam Johnstone yang merupakan kiper milik West Bromwich Albion, saat ini tercatat sebagai salah satu kiper timnas Inggris. West Bromwich Albion sendiri saat ini berkompetisi di Championship, setelah musim lalu terdegradasi dari Liga Premier Inggris.

Dilaporkan Sky Sports, kontrak Sam Johnstone berakhir di akhir musim ini dan ia berambisi bermain kembali di Liga Inggris musim depan.

Pemain West Bromwich Albion Sam Johnstone menyelamatkan gawang dari pemain sepak bola Liverpool Roberto Firmino saat pertandingan antara West Bromwich Albion melawan Liverpool dalam Liga Premier di Anfield, Liverpool, Britain, Minggu (27/12/2020). [AFP]

Bagi Man United, urgensi mendapatkan Johnstone cukup jelas untuk mengganti Dean Henderson sebagai kiper kedua yang sedang mempertimbangkan masa depannya di Old Trafford.

Baca Juga:
Merasa “Rumit” di Sevilla, Anthony Martial Konfirmasi Bakal Pulang ke Manchester United

Sementara untuk Tottenham Hotspur, jasa Johnstone dibutuhkan untuk memberi persaingan ketat kepada kiper utama mereka, Hugo Lloris yang tak tergantikan dalam beberapa musim terakhir.

Lantas, siapa sebetulnya Sam Johnstone yang tiba-tiba jadi rebutan dua klub top Inggris ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Sam Johnstone

Sosok dengan nama lengkap Samuel Luke Johnstone ini lahir di Preston, Inggris, pada 25 Maret 1993. Masa kecilnya dihabiskan dengan menimba ilmu sepak bola di beberapa klub lokal.

Bakatnya kemudian dilihat oleh klub Colin Fairhurst yang kemudian membawanya bergabung dengan Manchester United pada 2010.

Baca Juga:
Robek Gawang Liverpool, Penyerang Incaran Man United Ukir Sejarah untuk Benfica

Di musim perdananya itu, Johnstone menjadi kiper utama di akademi The Red Devils. Namun, dia selalu gagal menembus tim utama Man United yang selalu diisi oleh nama-nama besar.

Sebut saja ada Edwin van Der Sar yang pensiun di 2011 lalu digantikan David de Gea yang sekarang masih jadi andalan. Oleh karena itu, Johnstone banyak dipinjamkan ke klub lain.

Bahkan dalam kurun waktu 2011 hingga 2018, Sam Johnstone dipinjamkan ke 7 klub berbeda. Peminjaman pertama dilakukan ke Oldham Athletic.

Dari situ Johnstone dipinjamkan ke Scunthorpe United, Walsall, Yeovil Town, Doncaster Rovers, Preston North End, hingga Aston Villa.

Hingga akhirnya pada 2018 Sam Johnstone pindah permanen ke West Bromwich Albion. Dia ikut berjasa membawa West Brom promosi ke Liga Inggris pada musim 2020/21.

Namun, hanya satu musim saja bermain di Liga Inggris, West Brom terdegradasi lagi ke Championship. Di musim ini, Sam Johnstone sudah memainkan 10 pertandingan.

Meski banyak menjalani kariernya sebagai kiper pinjaman, Sam Johnstone punya prestasi apik di level tim nasional. Dia menjadi bagian dari Timnas Inggris U-17 yang menjuarai Piala Eropa U-17 2010.

Dia juga sudah mengantongi 3 caps dengan timnas senior Inggris dan ikut dipanggil untuk turnamen besar macam Euro 2020.

[Penulis: Aditia Rizki]



#Profil #Sam #Johnstone #Kiper #Klub #Kasta #Kedua #yang #Jadi #Rebutan #Manchester #United #dan #Tottenham #Hotspur

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.